Senin, 23 Juni 2014

"kok" Geger, dilema 250cc yamaha yah...

Refer to main discussion brads... kok seakan akan tiada hari tanpa berita yamaha r25 yah... Sebenernya sudah agak mboseni juga yah kalau setiap berita otomotif selalu ada saja pembahasan mengenai yamaha r25.
saat ini saya ingin membahas mengenai tulisan dr mas tri, mengenai rencana kawasaki ingin memproduksi 250cc dengan konfigurasi 4 cylinder. sumbernya dapat brads baca di..sini , melanjutkan entry dr bro kobay, di...sini. sebenarnya selalu akan ada option lain yang dapat dipilih kawasaki, entah itu dengan menelurkan varian lain denga konfigurasi berbeda, seperti motor sport dengan v twin engine, kemudian menelurkan varian maxi scoot, untuk memperkuat image 250 cc mereka, mungkin juga dengan menelurkan varian cruiser mereka, kawasaki eliminator, untuk sekedar differensiasi produk, toh juga untuk basis produksinya bukanlah di negara kita...
kawasaki eliminator 125
Memang untuk mempertahankan singgasana sebagai raja di segment sport 250 cc, akanlah sangat sulit mengingat saat ini  kompetitor memiliki basis produksi di indonesia, hal ini akan berimbas kepada ketersediaan spare parts pendukung. kita masih ingat bahwa beberapa saat lalu sempat geger dengan beredarnya varian sport 250 cc murah dari pabrikan lokal, minerva megelli 250. namun seiring perkembangan jaman, motor tersebut seakan hilang gaungnya... mungkin kawasaki unggul karena merekalah trend setter 250 cc dual cylinder engine, kemudian memberikan beberapa sub varian yaitu naked 250 cc dual cylinder, sport 250 cc single cylinder, naked sport 250 cc, classic 250 cc, dirt track 250 cc (saat ini, inilah yang paling menggoda penulis... -intermezzo) supermoto 250 cc, seakan ingin membuktikan bahwa inilah kawasaki, raja sport 250 cc, "apa lo mau, gw ada...".
kawasaki z250, sub varian ninja 250 fi
Kalau mau jujur, sebenarnya kawasaki sudah memberikan jawaban di depan mata... melihat kebanyakan konsumen 250 cc mereka adalah, maniak sport, dan rata rata pria mapan usia middle 20 sampai 40 tahun, bagi penulis tidaklah mudah, akan tetapi salah satu cara yang dapat dipakai adalah menciptakan shifting demmand ke 650 cc, sementara proses untuk membuat sebuah cash cow baru bagi kawasaki terus berjalan, mereka dapat dialihkan untuk menjadi penikmat 650 cc (sesuatu yang sudah dilakukan oleh kawasaki sejak 2 tahun lalu). 
kawasaki ninja 650
penulis sangat menyayangkan bahwa belum ada varian untuk touring 250 cc dual cylinder bagi kawasaki, untuk menyaingi  suzuki gw250 yang lebih dulu beredar. hal ini wajar mengingat untuk memproduksi sebuah varian baru, membutuhkan effort  yang luar biasa besar, apalagi menciptakan produk yang akan menjadi "hits", sungguh sebuah tantangan luar biasa. produk tersebut haruslah bagus, value maupun tampilannya, memiliki nilai lebih, dan terutama, harganya harus masuk...ngoahahahahaha...
zxr 250


Tidak ada komentar:

Posting Komentar