Kamis, 24 April 2014

yamaha (bukan yang-mahal) yzf r-15 calon raja 150cc meski bukan tanpa batu sandungan.

ganzzz... dunia perbloggeran lagi geger membicarakan mengenai produk baru yamaha, sama calon kompetitornya. sebenarnya yah.. hal itu lumrah, dimana calon yang digadang gadang memiliki kans (yang bukan oliver nama depannya. red: kiper bayern munchen tahun 90an) untuk menggegerkan dunia permotoran. karena secara desain keduanya memiliki desain yang menarik. coba 'saudara lihat, yamaha yzf r15 memiliki desain comotan dari yzf r125 bahkan ada yang bilang mirip sama r6...
yamaha yzf r15 tuned daytona sumber : yamaha-india
yamaha yzf r6 sumber : desktopic.com
yamaha yzf r125 sumber : google
 tetapi melihat harganya.... jangan heran saudara... angka 28 jutaan.. meskipun kata mas tri di webnya bilang akan lebih mengena apabila ditaruh di harga 27.99 jutaan (melihat strategi kawasaki, harga ninja rr mono 39.9 jutaan).
yang membuat kita tidak habis pikir adalah value yang kita dapat dengan harga segitu cukup banyak, diantaranya alumunium banana arm, riding style racy, distribusi bobot hampir 50:50, ditambah fitur standard seperti digital speedometer, 6 speed transmission, cutting laser key chain, magnetic key shutter, de el el deh.. (tetapi minusnya pun banyak diantaranya mesin sohc, meskipun sudah 4 valve, tentu tidak akan sanggup untuk digeber pada rpm tinggi secara terus menerus mengingat rocker shaft memiliki fatigue stress, berbeda dengan dohc yang memakai rocker armnya langsung menekan klep, sehingga rentan untuk digeber terus menerus)
saya ingin membahas mengenai beberapa alasan yamaha memberikan pricing tersebut untuk kita, diantaranya,
1. mereka menerapkan prinsip monozukuri (sumber webnya oom triatmono, "http://triatmono.info/2013/01/13/pabrikan-yamaha-akan-menerapkan-monozukuri-sayang-agak-telaaat/"). dimana permintaan/ demand menuntut merea menelurkan produk wow, tetapi dengan pricing wajar.
2. r &d untuk produk racing mereka sudah ada dan berjalan cukup lama,  sehingga database mereka untuk produk kencang, sudah cukup banyak.
3. model dan molding model untuk yamaha r15 ini sudah ada sehingga mereka tidak perlu banyak meriset kesesuaian parts untuk pasar indonesia. (saya rasa ini akan menimbulkan polemik baru bagi yamaha global, secara yamaha r15 merupakan produk dengan basis produksi di india, apabila terjadi shifting proses produksi akan mengganggu pasar india)
4. yang paling utama adalah keberadaan kompetitor. produk bagus meskipun memiliki banyak value, tentu tidak akan istimewa apabila tidak ditetapkan pada pricing yang sesuai.
5. tentunya adalah ketersediaanya common parts dengan produk yang sudah beredar di indonesia.

dengan beberapa penjabaran diatas, saya rasa yamaha cukup cerdas dengan menetapkan perbedaan pricing dengan produk mereka lainnya sehingga cukup untuk membuat kompetitor berpikir extra keras. terlihat saat ini honda pun mulai mengejar momentum dengan memberikan leaked info, berbeda dengan kebiasaan mereka menutup diri, apabila kita melihat bagaimana mereka menelurkan beberapa produk andalan mereka.
sekarang kita kembalikan kepada pembaca, bagaimana kita merespons dalam merencanakan siasat pembelian kita. suatu produk bagus akan kita dapatkan, dan sudah proven di dunia kalau produk tersebut cukup menarik minat, akan tetapi jika kita sudi menunggu agak lama, akan banyak produk bagus yang digelontorkan pabrikan, diantaranya, honda "k45", pulsar 200ns injeksi, calon 150cc kawasaki, bahkan suzuki pun kabarnya ikut tertarik bermain di red ocean dengan berencana menelurkan 150cc fairing (kayaknya sih latah dengan keberhasilan mereka dengan satria f150, high risk high gain sobb).
btw... FYI ajah yah gan... hehehe, ane tertarik dan gatel untuk menelurkan postingan ini gan...  
'aku rapopo kata sibiru...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar